Proses Bisnis pada
Bengkel “SEKAR MOTOR”
a) Proses
Pendaftaran
Pelanggan
memberitahukan keluhan kepada kepala mekanik. Kepala mekanik menyampaikan
keluahan kepada mekanik. Mekanik melakukan pengecekan motor, bila pada saat
pengecekan kerusakan terlalu berat memungkinkan motor untuk menginap, maka
kepala mekanik memberi konfirmasi kepada pelanggan bahwa motor harus menginap,
bila pelanggan setuju maka motor diinapkan dan apabila pada saat pengecekan
kerusakan motor tidak terlalu rumit maka motor bisa ditunggu dan langsung
diambil.
b) Proses
Perbaikan
Mekanik
melakukan pengerjaan perbaikan motor, jika ada suku cadang yang harus diganti maka mekanik mengkonfirmasikan
pengantian suku cadang kepada kepala mekanik. Kepala mekanik mengkonfirmasikan
kepada pelanggan meminta persetujuan pergantian suku cadang, jika pelanggan
setuju maka kepala mekanik
menyuruh mekanik untuk menganti suku cadang. Setelah
melakukan perbaikan dan mengantian suku cadang maka mekanik mengkonfirmasi
kepada kepala mekanik bahwa perbaikan sudah selesai. Kepala mekanik
mengkonfirmasikan kepada pelanggan bahwa perbaikan sudah selesai.
c)
Proses Pembayaran
Setelah
mekanik selesai melakukan pengerjaan service, kasir mengisi nota hasil
pengerjaan service. Kemudian kasir menyerahkan nota kepada pelanggan sebagai tanda bukti service dan penggantian suku cadang. Pelanggan melakukan pembayaran sesuai dengan harga
yang tertera di Nota dan kasir menerima uang
pembayaran selanjutnya pelanggan membawa kembali kendaraan
yang telah diperbaiki.
d)
Proses Pembuatan Laporan
Kasir
membuat laporan Servis berdasarkan nota untuk
diserahkan kepada pemilik bengkel gerbang motor.
Actifity Diagram
Yang Sedang Berjalan
a) Proses
Pendaftaran
b) Proses
Perbaikan
c) Proses
Pembayaran
d) Proses
Pembuatan Laporan
Fishbone
0 komentar:
Posting Komentar